Menjadi Souvenir Para Profesional Indonesia Troole Gabungkan Nilai Memorable Dan Useful Dalam Filosofinya

 Exclusive Tumbler Blogger Bandung by Troole

Aku pernah punya pengalaman hadir di sebuah event perusahaan media besar di Indonesia, pulangnya dibikin gagal move on cuman karena souvenir kitnya yang all out banget.  Dari mulai desain totebagnya yang bisa dilipat kecil, ada tumbler custom nama kita, t-shirt, note book, power bank eksklusif dengan stempel perusahaan media tersebut dan setoples sambal cumi yang diproduksi sama UMKM. 
Souvenir kantor sekeren itu harus berkelahi dengan ke'kepoan yang mendarah daging. Suka penasaran aja siapa sih dibalik souvenir kantor yang keren-keren ini? siapa konseptornya? dimana pesennya? kalo aku pengen bikin buat usahaku bisa ngga yaa..
Sesimpel itu sebenernya alasan segala kekepoan itu terjadi. Pengen buat juga hahaha. Dengan segunuk pertanyaan itu akhirnya mengarahkan aku buat nemuin satu perusahaan desain dan produksi souvenir kantor para profesional di Bandung yakni Troole.

Troole lahir di Bandung kota industri kreatif 

Sebagai kota dengan segambreng ide unik dan kreatif, kota kembang Bandung jadi surganya souvenir atau merchandise. Masalahnya adalah gak semua produsen punya "misi suci" saat menyampaikan pesan perusahaan. Tetapi menariknya Troole mampu melakukannya.

Menggabungkan empat industri kreatif yakni percetakan, konveksi, barang jadi dan kerajinan Troole menjelma menjadi souvenir kantor yang dicari para profesional Indonesia.

MEMORABLE & USEFUL

Hanum Sujana, Founder & CEO Troole Merchandise

Dari pengalamanku diatas, aku sadar bahwa sebuah merchandise atau souvenir akan sangat memiliki value saat barang tersebut gak hanya bisa berguna dalam aktifitas harian tapi juga sekaligus menyimpan jejak alias kenangan.

Filosofi ini diamini oleh founder Troole Kang Hanum Sujana dengan menjadikan "Memorable and Useful" sebagai tagline perusahaan.

Sebagai produsen souvenir kantor para profesional Indonesia, Troole menggabungkan emotional value dan rational value dalam setiap desain dan produksinya. 

Menciptakan produk yang memorable adalah implementasi dari emotional value. Dengan  demikian Troole memproduksi setiap produk dengan mempertimbangkan jejak/ kenangan yang akan didapat pemiliknya.

Useful dan Memorable

Sementara rational value ada pada keguanaan atau fungsi souvenir dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya tumbler untuk menyimpan minum, buku catatan dan totebag untuk belanja. Produk diharapkan dapat dipergunakan dalam aktifitas sehari-hari dan bermanfaat bagi pemiliknya.

Troole juga merupakan produsen souvenir dan merchandise yang menggabungkan empat industri sekaligus yakni barang jadi, konveksi, kerjinan dan percetakan. Beberapa produk terpajang rapi di ruang workshop kantor mereka. 

Beberapa diantaranya ada t shirt, souvenir box, tumbler berbagai bentuk, buku catatan, medali, berbagai model tote bag dan ransel hingga item-tem kecil seperti pulpen dan gantungan kunci. 

Tak hanya itu sebagai produsen souvenir kantor para profesional, Troole juga terbuka mendesain dan memproduksi lebih banyak jenis souvenir seperti powerbank, hampers lebaran, speaker bluetooth dan parfum. 

Bahkan Troole juga pernah bekerjasama dengan salah satu BUMN untuk menyediakan souvenir berupa kursi roda dalam event mereka.

TENTANG TROOLE

Blogger Bandung X Troole

Meski telah menjadi partner produsen souvenir dan merchandise bagi banyak perusahaan besar  swasta dan BUMN Troole tetap humble dengan membuka order dari UMKM, perusahaan perintis dan komunitas.

Troole juga membangun sinegitas dengan UMKM lokal dan juga lingkungan internal perusahaan dalam pengadaan produk jadi seperti tumbler dan kue lebaran. Hal ini menjadikan Troole sebagai perusahaan desain dan produksi yang mampu survive hjngga kini telah melewati tahun ke 10. 

Troole pertama kali didirikan  dengan nama perusahaan "Seminarkitbandung.com" sepuluh tahun yang lalu tepatnya 06 Juni 2014. Kemudian di tahun keenam Seminar kit Bandung bertransformasi menjadi Troole. 

Kata Troole diserap dari dua bahasa sekaligus. Secara homofon kata Troole (Estonia) dan Truly (Inggris) memiliki lafal pengucapan yang sama. 

Dalam bahasa Estonia Troole memiliki makna jejak, sementara dalam bahasa inggris truly berarti sesungguhnya. Dari kedua makna tersebut dapat ditarik benang merah bahwa dengan memberi souvenir maka sama dengan meninggalkan jejak.

Troole bersama tim terus melakukan inovasi dan meningkatkan kreatifitas

Melewati up and down sebuah usaha, tim Troole tetap solid melewati berbagai tantangan. Mulai dari kendala produksi, terbatasnya karyawan hingga prahara badai covid.

Troole mengambil sudut pandang lain oada setiap kesulitan yang dialami perusahaan. Dengan skema merangkul masalah, mencari kemungkinan lain dan melakukan perubahan dari convergent thinking menjadi divergent thinking, membuat Troole berhasil strugle di masa pandemi, era new normal hingga kini berkembang dengan puluhan karyawan. 

Mencari produsen sovenir kit, merchandise untuk perusahaan atau sebuah brand memang tidak mudah. Perusahaan perlu sesuatu yang bisa meninggalkan jejak agar 'pesan' mereka sampai kepada target. Disinilah peran krusial Troole. Percayakan setiap souvenir dan merchandise di Troole karena memberikan sovenir sama dengan meninggalkan jejak. 

Rafahlevi
Founder Xalshe Media Creative. Owner Beelicious Bandung. Single mom of two. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. Saya suka mengoleksi barang-barang suvenir acara. Seneng banget kalau dapat suvenir yang bisa dipakai berulang kali. Biasanya saya umpetin dan pakai sendiri. Sayang soalnya.

    ReplyDelete
  2. Bagus bentuknya. Pengen punya juga... makasih ya kak infonya. Moga aja dijual di online store...


    Newsartstory

    ReplyDelete
  3. Keren bgt produknya. Saya jg sudah mulai membiasakan bawa tumbler kalau pergi pergi biar bisa hemat & ramah lingkungan. Smg aja ini jd lifestyle kekinian yg bisa diikuti semua kalangan

    ReplyDelete
  4. Kalo dilihat sekilas bagus banget ini bentuk dan bahannya. Jarang juga ada souvenir yang berani bilang memorable.

    ReplyDelete
  5. saya orang Bandung tapi baru tahu soal Troole, hehehe.boleh nih bikin souvenir cantik ke Troole ya, bisa buat perpisahan nanti buat guru atau buat hajatan

    ReplyDelete
  6. Hasilnya bagus banget yang ada di tumbler nya.. Minimalis tapi kesan elegannya dapet. Bisa nih jadi rekomendasi temen²ku yang di Bandung kalau cari souvenir yang useful ke troole.. ❤️❤️

    ReplyDelete
  7. Keren sih kalau filosofinya ga cuma sekadar souvenir but kepake juga. Jadi yg dapet memang happy dan kepake, nggak hanya ditumpuk2. Esensi event jg bakal trs diinget. Aku suka lihat ide2 souvenir gitu untuk event. Skg mulai pada kreatif tapi memikirkan fungsi jg yaa;)

    ReplyDelete
  8. Cakep-cakep ya sebenarnya troole ini, duh aku jadi naksir nih sama tumblernya. Beberapa kali di kantorku juga kalau ada pelatihan memberikan souvenir yang menarik bagi para pesertanya kayak gini

    ReplyDelete
  9. Aku udah kepoin instagramnya troole, cakep cakep yaaaa. Ternyata, beberapa souvenir yang kudapat dari event itu buatannya troole.

    ReplyDelete
  10. Luar biasa konsep dan perjalanan bisnis souvenir Troole ini yah.. ya emang sih namanya souvenir bukan hanya sekedar hadiah, tapi juga bisa sebagai branding bahkan identitas dari si pemberi souvenir, jadi harus klop dan cocok yah

    ReplyDelete
  11. Suka banget sama kalimat penutupnya, memberikan souvenir itu sama seperti meninggalkan jejak. Btw aku catet info ini dulu ya, kak. Next kalau sekolahku mau bikin souvenir bisa kali ya pesan di troole ini

    ReplyDelete
  12. Wuih cakep² ya suvenirnya. Saya juga pengen nih jadinya. Dan kalau harganya bersaing, pasti banyak perusahaan yang mengincar

    ReplyDelete
  13. Suka nih dengan konsepnya yaitu merangkul masalah, dengan cara ini mereka dapat menemukan solusi yang keren, salut masih bertahan hingga saat ini di antara gempuran kompetitor lainnya

    ReplyDelete
  14. Mbak tumblrnya itu dalemnya stainless steel kan yaa? Aku sering dapt tumblr tp dalemnya itu stainless yang low grade, jadinya agak berbau gitu lo mbak. Kalau punya troole gimana?

    ReplyDelete
  15. Cakep banget souvenir dari Troole ini
    Amu paling senang kalau dapat souvenir cantik dan useful seperti tumblr dan totebag

    ReplyDelete
  16. wah cakep-cakep souvenirnya. bisa jadi rekomendasi nih ya buat souvenir di kantor

    ReplyDelete

Post a Comment