Forum ASEAN Korea Di Indonesia Hadirkan Wawasan Pariwisata Lewat Industri Film dan Konten Digital

17 comments
ASEAN Korea Centre dan Kemenparekraf

Organisasi internasional ASEAN Korea Centre didukung Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia baru saja menggelar sebuah forum internasional di bidang periwisata. Kegiatan seminar internasional bertajuk ASEAN Korea Quality Tourism Development Towards Sustainability digelar secara offline di kota Bandung. Dikutip dadi siaran pers Kemenparekraf merilis AKC sebagai salah satu mitra strategis Indonesia di kawasan ASEAN. Implementasi program ini merupakan salah satu bukti dan wujud komitmen program AKC untuk terus mempromosikan sektor pariwisata antar kawasan, khususnya antara Korea Selatan dan Indonesia.

Alumni Scene Kemenparekraf

Seminar ASEAN Korea Tourism yang diikuti sekitar 80 panelis yang terdiri dari film maker, konten kreator dan mahasiswa Intistut Teknologi Bandung ini digelar selama satu hari. Spesifik mengangkat tema promosi efektif pariwisata melalui media film dan visual media khususnya konten digital. 
Forum ASEAN Korea Tourism bertujuan memperkuat daya saing Indonesia di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia sebagai latar film dan video, dan penyampaian cerita naratif untuk menampilkan kekayaan budaya dan sumber daya pariwisata Indonesia.
Sekretaris Jenderal AKC, Kim Hae-yong, mengungkapkan tahun 2024 menandai perayaan hubungan diplomatik ke-51 antara Indonesia dengan Korea Selatan. Sebagai salah satu mitra kunci bagi Korea Selatan, Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Korea. 
Bicara di ASEAN Korea Tourism Forum
Dengan menghadirkan enam pembicara utama dari kedua negara (Indonesia-Korea) forum ASEAN Korea Tourism wawasan akan proses dan dampak industri film dan konten digital sangat besar.  Dampak besar film dan konten-konten digital saat ini sangat mempengaruhi sektor pariwisata sebuah negara. Yang paling baru misalnya konten Youtuber Amerika Speed adalah bagaimana industri digital dan kreatif sangat mempengaruhi informasi pariwisata.
Enam pembicara Korea Indonesia
Dalam ASEAN Korea Tourism Forum ini para panelis mendapatkan wawasan dan networking yang lebih luas dan terang. Hal itu karena seminar ini menghadirkan narasumber terkemuka yang bergerak di bidang industri pembuatan film, serial, dan dokumenter dari Korea Selatan.
Beberapa narasumber antara lain adalah Jang Kyung-soo, Wakil Direktur Seoul Broadcasting System; Song Jin-seon, CEO HAJI Factory; Yang Hye-jeong, Produser EBS World Theme Travel; Han Woo-jung, serta Profesor Film dan Media dari Universitas Daejin.

 Forum ASEAN Korea Centre Tourism menghadirkan enam orang narasumber kawakan dari Korea dan Indonesia dengan berbagai latar belakang yang mempesona. Masing-masing adalah Produser stasiun televisi Korea SBS Jang Kyung Soo, Profesor Han Woo Jung dari Universitas Daejin yang membidangi departemen film dan media.
Bersama Ms. Son Ji Sung produser berbagai drama populer di banyak negara
Kepala Produser Travelogue Earth Yang Hye Jong serta Produser ternama Song Jin Sun yang memproduseri banyak film dan drama korea sukses dan populer di berbagai negara seperti Whats Wrong With Secretary Kim, Good Partner, Moving, True Beauty, Moon Embracing The Sun dan masih banyak lagi. Dari Indonesia hadir menjadi pembicara dua sutradara dan penulis skenario kawakan Indonesia Ivan handoyo dan Budi Kurniawan. Keduanya memiliki banyak prestasi dalam menghasilkan karya-karya seni film yang mendorong pariwisata nusantara. 
Sementara para panelis peserta seminar adalah 100 peserta yang berasal dari berbagai macam latar belakang, mulai dari konten kreator, videographer, director, script writer, asosiasi, hingga owner beberapa production house berskala kecil ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi para pelaku parekraf untuk berjejaring serta menambah wawasan. 
Panelis di Forum ASEAN Korea Tourism 2024
Dalam ASEAN Korea Tourism juga dibahas bagaimana kemungkinan kota Bandung menjadi kota perfilman dunia, kolaborasi dan kerja bersama antara film maker dan penulis skenario dari Indonesia dan Korea dalam satu project hingga tips dan trik piching produksi yang mampu memikat produser. 

Rafahlevi
Founder Xalshe Media Creative. Owner Beelicious Bandung. Single mom of two. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

17 comments

  1. Wahh kayanya seru nih acaranya. Btw keren sih kalo adanya hubungan kerjasama indo sama korea, heheh

    Newsartstory

    ReplyDelete
  2. Korea Selatan dengan Indonesia memang gak terpisahkan, yakk... Meski sekarang sudah gak hobi nonton drakor lagi, tapi aku dulu suka lihat drama produksi SBS. Jadi sebenarnya produk Korea yang masuk ke Indonesia--yang dulu berawal dari serial di TV--saat ini makin merambah ke bidang film, kecantikan, musik, sampai fesyen.

    ReplyDelete
  3. Waah keren banget acaranya, apalagi punya kesempatan langka bisa berswafoto dengan Ms. Son Ji Sung, ciamik banget!:)

    ReplyDelete
  4. Keren euy acaranya, semoga kerjasamanya berjalan lancar ya, biar orang-orang Korea Selatan jadi tau di Indonesia wisatanya bagus-bagus

    ReplyDelete
  5. Whoaa asyik banget bisa hadir di event kek gini 😍😍 saya juga pengen ikutan, tapi dah lewat keknya

    ReplyDelete
  6. Keren banget ada acara forum Korea-Indonesia ini, tapi kok nggak sekalian di Jakarta aja yah, biar bisa datang. Btw Korea dan Indonesia itu simbiosis mutualisme banget, walaupun sebenarnya masyarakat Indonesia sih yang lebih konsumtif atas produk / pariwisata Indonesia. Tapi semoga ke depan, Indonesia juga bisa menarik minat dan daya beli masyarakat Korea akan produk dan pariwisata Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya! Event kayak gini bikin kita lebih ngerti potensi pariwisata lewat film dan konten digital. Semoga makin banyak kolaborasi seru!

    ReplyDelete
  8. Keren banget indonesia bekerja sama dengan korea dalam dunia digital. Semoga makin banyak kolaborasi yang dihasilkan untuk mengejar dampak positif.

    ReplyDelete
  9. Wah teh reza beruntung banget ya bisa diundang ke forum ini, menambah pengalaman internasional dan nambah pede juga ya....keren aslinya ini teh Reza.

    ReplyDelete
  10. Semoga bisa terwujud Bandung jadi kota perfilman. Soalnya jadi banyak khas nih kota-kota di Indonesia, dan bisa menjadi saya tarik bagi para wisatawan dari mana aja

    ReplyDelete
  11. keren abis kolaborasinya nih kota bandung. semoga palembang otw nyusul bikin film bareng juga

    ReplyDelete
  12. Keren banget acaranya! Tapi emang sih ya, dunia digital sekarang tuh punya potensi lebih loh untuk memperkenalkan negara kita ke luar negeri. Dan semoga kemungkinan Bandung menjadi kota perfilman dunia bisa terwujud.

    ReplyDelete
  13. Event dan forum-forum seperti ini penting ya untuk mempererat hubungan kerjasama antar negara. Dengan forum ASEAN Korea Tourism, diharapkan baik Indonesia maupun Korea bisa saling mempromosikan pariwisatanya melalui kolaborasi yang apik.

    ReplyDelete
  14. Bagus nih tema acaranya. Semoga industri film dan konten kreatif bisa makin berkembang dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari acara ini.

    ReplyDelete
  15. Acara yang menarik sekali, yuk buat film di Indonesia dengan artis Korea tentunya dan begitu pula sebaliknya, lokasi di Korea dengan artis Indonesia, sepertinya menarik nih

    ReplyDelete
  16. wah ternyata indonesia dan korea selatan sudah menjalin kerja sama sejak 50 tahun yang lalu yaa. tambahan lagi sekarang juga korean wave sangat diterima di Indonesia pastinya juga menambah eratnya hubungan kerja sama ini

    ReplyDelete
  17. Kereen sekalii...
    Hadir ke acara sambil ngobrolin sesuatu yang bikin kita excited tuh, so happy.
    Jadi mood booster banget acara Forum ASEAN Korea Centre Tourism karena pasti banyak banget ide-ide baru bermunculan, triink triink..

    ReplyDelete

Post a Comment