Segar dan Uniknya Es Gak Beres Pelepas Dahaga Yang Tingkatkan UMKM Warga Kisaran Sumatra Utara

Cuaca saat ini yang masih termasuk musim kemarau berdampak pada krisis air di beberapa daerah. Bahkan di Bandung debit air bersih yang dikelola oleh perusahaan negara seperti PDAM pun mengalami nyusutan yang signifikan sehingga banyak warga kesulitan air bersih. Tetapi lebih sederhana dari itu dampak langsung cuaca panas berkepanjangan yang paling terasa adalah bikin dahaga makin tak berkesudahan. Rasa haus mudah melanda. Rasanya paling nikmat dan segar adalah meminum air dingin atau es yang segar dan manis. 

Ini baru di Bnadung yang memiliki geografis daratan cukup tinggi tak terbayang bagaimana dengan daerah lainnya di Indonesia yang termasuk dataran rendah. Pasti es menjadi andalan sehari-hari dalam melepas rasa lelah, panas dan dahaga. Seperti di daerah Kisaran, Asahan Sumatra Utara misalnya. Warga sangat menggemari es sebagai minuman segar nan manis yang tak bisa dilewatkan. Salah satu yang harus diketahui adalah Es Gak Bener yang viral karena rasanya yang manis dan segar juga kisah dibalik sukses sang owner yang berhasil mengembangkan sayap bisnisnya hingga membantu meningkatkan umkm warga lokal.

Kisah Sukses Es Gak Bener Dari Kisaran 

Asal Mula Usaha Es Gak Beres adalah sebuah usaha es yang didirikan oleh Yudi Efrinaldi di Sumatra Utara. Awalnya, Yudi hanya menjual es di pinggir jalan dengan modal yang sangat terbatas. Ide untuk membuat Es Gak Beres muncul ketika Yudi melihat banyaknya penggemar es di daerahnya, namun kurangnya variasi rasa dan penyajian yang menarik. Dengan semangat dan kreativitas, Yudi mulai bereksperimen dengan berbagai bahan dan rasa, hingga menemukan kombinasi yang unik dan menggugah selera.

Perjalanan Bisnis Perjalanan bisnis Yudi tidaklah mulus. Ia menghadapi berbagai tantangan, mulai dari persaingan yang ketat hingga masalah pemasaran. Namun, Yudi tidak menyerah. Ia memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan Es Gak Beres dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Dengan pendekatan yang tepat, usaha Yudi mulai dikenal luas, dan pelanggan pun berdatangan. Keberhasilan ini juga didukung oleh kualitas produk yang terus diperbaiki dan inovasi rasa yang selalu diperkenalkan.

Cara Pembuatannya Proses pembuatan Es Gak Beres cukup sederhana namun memerlukan ketelitian. Pembuatan Es Gak Beres sama dengan langkah-langkah pembuatan es pada umumnya. Dalam pembuatan es Gak Sabar salah satu proses penting adalah fase pemilihan bahan. Yudi menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi, seperti buah-buahan lokal dan susu segar. Berbagai rasa diciptakan sebagai pilihan rasa yang variatif dan tidak monoton. Yudi terus bereksperimen dengan rasa baru sesuai dengan tren dan permintaan pelanggan. Satu hal yang berbeda dari Es Gak Beres dengan es lainnya adalah ciptaan rasa yang unik seperti es buah dengan tambahan sirup spesial.

Sementara dalam penyajiannya es disajikan dengan cara yang menarik, menggunakan gelas plastik atau  kemasan plastik yang estetik dan aman disertai logo Es Gak Bener. Semua ini dilakukan Yudi agar memberikan kesan yang menarik dan dipercaya oleh konsumen. Salah satu hal yang menarik perhatian pelanggan juga adalah konsep booth yang estetik sehingga meski dengan harga relatif murah Es Gak Bener selalu diincar pelanggannya karena kualitas produk. 

Yudi Efrinaldi Penerima Anugerah SATU Indonesia ASTRA 2021 Bidang Kewirausahaan

Sosok Perintis yang Inspiratif Yudi Efrinaldi bukan hanya seorang pengusaha, tetapi juga sosok yang inspiratif. Ia dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan selalu siap membantu masyarakat sekitar. Bahkan merek dagang “Es Gak Bener” ini juga merupakan apresiasi Yudi pada salah seorang pelanggan es nya yang kerap berseloroh “Agghhh Gak Bener!!” ketika kehabisan dagangannya. Dengan membuka usaha ini, Yudi telah menciptakan banyak lapangan kerja bagi warga di Sumatra Utara melalui frenchise yang dibukanya. Ia sering mengajak anak muda untuk belajar berwirausaha dan memberikan pelatihan kepada mereka yang tertarik untuk membuka usaha serupa.

Kepopuleran Es Gak Beres tidak hanya terletak pada rasanya yang enak dan segar, tetapi juga pada nilai-nilai baik yang dibawa oleh Yudi dalam setiap langkah usahanya. Ia percaya bahwa kesuksesan tidak hanya diukur dari keuntungan, tetapi juga dari dampak positif yang bisa diberikan kepada masyarakat. Kepribadian Yudi yang positif mampu menebarkan asa bagi lingkungan dan sosialnya untuk meningkatkan nilai ekonomi warga sekitar Kisaran.

Penutup

Dengan semangat yang tak pernah padam, Yudi Efrinaldi dan Es Gak Beres terus berkembang dan menjadi bagian penting dari komunitas di Sumatra Utara. Siapa pun yang mencicipi es ini tidak hanya mendapatkan kesegaran, tetapi juga merasakan semangat kewirausahaan yang menginspirasi.


Rafahlevi
Founder Xalshe Media Creative. Owner Beelicious Bandung. Single mom of two. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment